Kebudayaan dalam 5 tahun ke depan

Menteri Kebudayaan dan Pariwisata (Menbudpar) Ir.Jero Wacik, SE menyatakan, program kebudayaan dalam lima tahun ke depan diarahkan untuk mendukung pembangunan karakter bangsa.
"Semua program kebudayaan dalam lima tahun depan akan kami arahkan untuk membangun karakter bangsa. Oleh karena itu, anggaran Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kemenbudpar) baik dalam APBN 2010 maupun usulan APBN-Perubahan sebagian besar penggunaannya untuk mendukung kegiatan strategis tersebut," kata Menbudpar Jero Wacik dalam rapat kerja dengan Komisi X DPR-RI di Senayan Jakarta, pekan lalu.
Menbudpar Jero Wacik menyebutkan, dalam APBN 2010 sejumlah program antara lain untuk dukungan perbaikan sarana Taman Budaya di sejumlah daerah, dukungan kegiatan pengembangan teater Indonesia, dukungan nominasi warisan budaya tak benda ke UNESCO, maupun kegiatan revitalisasi museum dijadikan sebagai kegiatan prioritas.
Dalam rapat kerja dengan Komisi X, Kemenbudpar mengajukan usulan tambahan dana dalam APBN-P sebesar Rp 248,2 miliar. Dana tambahan tersebut antara lain untuk kegiatan revitalisasi museum sebesar Rp 20 miliar. Tahun 2010 sedikitnya ada empat museum yang akan direvitalisasi. Juga usulan tambahan dana sebesar Rp 5 miliar untuk dukungan nominasi warisan budaya tak benda ke UNESCO.
Kemenbudpar tahun 2010 menyiapkan nominasi warisan budaya takbenda ke UNESCO antara lain Tari Saman, Ukiran Jepara, Gasing dan Musik Sasando. Sedangkan tahun 2009 telah diusulkan angklung Indonesia. Diharapkan angklung Indonesia yang saat ini dalam proses, segera mendapat pengakuan UNESCO menyusul keris, wayang, dan batik.
Tahun 2010 Kemenbudpar mendapat alokasi anggaran dari APBN 2010 sebesar Rp 1,616 triliun atau mengalami peningkatan dibanding APBN 2009 sebesar Rp 1,118 triliun. (Pusformas)

0 komentar:

 
Copyright 2009 OeM_Created Oemaem Production 2010