Wujud Nyata Konservasi

Wujud Nyata Konservasi


Dengan mempelajari tari saman yang berasal dari aceh, siswa SMAN 2 Purwokerto ini sudah bisa ikut melestarikan dan menjaga kebudayaan yang ada di Indonesia, disela-sela kesibukan sekolah dan mengikuti ekstrakulikuler pramuka masih bisa tetap eksis mengikuti beberapa kegiatan yang juga bermanfaat salah satunya tari saman ini.



Pengenalan kebudayaan sejak dini kepada anak-anak merupakan salah satu cara yang efektif agar generasi berikutnya bisa menjadi penerus bangsa yang sangat menghargai budayany sendiri. Salah satunya adalah musik dari Kenthongan ini, siswa SDN 1 Grendeng Purwokerto Utara ini merupakan salah satu SD Pangkalan yang dibimbing oleh Racana Soedirman, banyak hal dan kegiatan yang telah diberikan selain materi pramuka agar siswa didik tidak mengalami kejenuhan, kita berikan pendidikan yang menarik dan mengandung pendidikan salah satunya adalah kenthongan ini, disamping dibutuhkan kekompakan dan keserasian musik siswa ini juga bisa bereksperimen dan terus mencoba dan mempelajari lebih dalam tentang budaya yang ada di Banyumas ini.


Temu Karya Pramuka Penegak adalah salah satu agenda kegiatan terbesar di Racana Soedirman Unsoed Purwokerto, tahun lalu (2009) untuk lingkup kegiatan ditambah menjadi se BARLINGMASCAKEB, hal ini berarti berbeda dengan tahun sebelumnya (2007) yang se eks karesidenan banyumas. Kegiatan ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Kendalisada Kalibagor Banyumas dengan diikuti kurang lebih 20 pangkalan yang ada di SMA se BARLINGMASCAKEB. Banyak kegiatan yang telah dilaksanakan salah satunya adalah sebagai wujud peran seorang pramuka untuk mengatasi isu global warming yaitu dengan melakukan penanaman pohon di area perkemahan yang notabene sangat butuh untuk dilakukan penghijauan. Disamping itu ada juga kegiatan lomba pembuatan poster dengan tema tentang global warming dan no drugs, diskusi panel mengenai lingkungan hidup dengan pembicara dari Saka Wanabakti Banyumas.



Seminar Lingkungan Hidup dalam rangka Hari Lingkungan Hidup tahun 2009 merupakan salah satu program kerja yang ada di Racana Soedirman dengan mengajak berbagai elemen yang berbeda yaitu guru, siswa SMA (Pramuka), Mahasiswa dan kalangan umum. Kegiatan ini bertujuan untuk menambah rasa kesadaran akan pentingnya lingkungan yang ada di sekitar kita. Kegiatan ini dihadiri kurang lebih 100 peserta dan mendapat respon yang sangat positif sehingga dengan kegiatan ini semoga bisa dijadikan pedoman dan arahan agar bisa mengajak orang lain agar sama-sama bisa mengaplikasikan ilmu yang didapat dari kegiatan ini.



Kebersamaan adalah salah satu hal yang bisa mengeratkan rasa persaudaraan dan persatuan satu sama lain, sebagai anggota pramuka kita harus bisa mengamalkan Dasa Darma yang kedua yaitu Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia, dengan budaya kebersamaan antar individu ataupun kelompok insyaallah Pramuka akan terus maju dan berperan lebih besar dalam membangun mental serta moral yang lebih baik untuk semua elemen masyarakat.



Alam adalah salah satu sahabat manusia yang harus selalu dihargai dan dijaga dengan baik, banyak hal yang dapat kita lakukan disamping menikmati keindahan alam kita juga memiliki kewajiban untuk selalu menjaga dan merawat dengan sebaik mungkin, akhir-akhir ini banyak bencana yang terjadi disebabkan oleh manusia itu sendiri, alam hanya bisa menjadi saksi bisu akibat oleh manusia sehingga agar alam tersebut bisa tetap menunjukan keanggunan dan keramahannya kita juga harus bisa menjaga alam agar tetap anggun dan ramah kepada kita. ok

0 komentar:

 
Copyright 2009 OeM_Created Oemaem Production 2010