Taman Nasional

Sebuah kawasan luas yang relatif tidak terganggu, mempunyai nilai alam yang menonjol dengan kepentingan pelestarian tinggi, potensi rekreasi besar, mudah dicapai oleh penggunjung dan manfaat yang jelas bagi kawasan tersebut. Di tempat ini segala materi yang ada tidak boleh diubah, begitu pula berbagai jenis pertambangan tidak boleh dilakukan. Untuk pemanfaatan secara lestari, biasanya taman nasional memiliki zonasi atau area yang telah ditetapkan secara tegas untuk mengelola dan menjaga taman nasional tersebut misalnya; zona penyangga (buffer zone), zona inti (core zone), zona pemanfaatan (utilization zone), zona rimba (wilderness zone). Hingga sekarang Indonesia mempunyai 42 taman nasional beberapa diantaranya misalnya taman nasional komodo, yang dihuni spesies endemik biawak komodo. Taman nasional ujung kulon merupakan benteng terakhir bagi badak jawa. Kedua taman nasional ini mendapat pengakuan sebagai situs warisan dunia (world heritage sites) yang diberikan oleh lembaga pendidikan dan kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO-PBB).

Taman nasional tanjung putting yang terletak di Kalimantan tengah juga merupakan taman nasional yang ditunjuk pula sebagai cagar biosfer yaitu cagar yang diperuntukan guna melestarikan keanekaragaman dan keutuhan komunitas tumbuhan dan hewan dalam ekosistem alaminya bagi penggunaan sekarang dan masa depan.

Di kawasan ini pula khasanah plasma nutfah harus tetap dipelihara sebagai bahan baku bagi evolusi spesies. Kawasan ini ditunjuk secara internasional untuk kepentingan penelitian, pendidikan dan pelatihan. Total luas keseluruhan taman nasional di Indonesia berjumlah 15 juta hektar lebih yang merupakan jumlah terluas dibandingkan dengan kawasan konservasi yang lain.

0 komentar:

 
Copyright 2009 OeM_Created Oemaem Production 2010