Budaya Tradisional VS Budaya Modern

Kebudayaan??
Mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita ya, apa si kebudayaan itu?eitzz tapi saya tidak akan membahas secara mendetail pengertian kebudayaan ini, saya anggap semuanya udah tahu pokoknya lah, ngomong-ngomong masalah budaya,,,ada yang ngerasa ga kalo sekarang tuh hampir remaja dan generasi muda Indonesia lebih memandang budaya modern adalah budaya yang paling sempurna, seolah-olah mereka melupakan budaya tradisional yang telah ada sebelum budaya modern tersebut ada.
Konon, budaya jawa telah ada sebelum semua agama masuk ke Negara Indonesia jadi seiring bertambahnya waktu budaya jawa mengalami perubahan sesuai dengan tuntutan zaman, seperti setelah masuknya agama hindu dan budha yang telah menambah dan mengurangi budaya tersebut, tapi dengan kuatnya pertahanan nenek moyang kita, budaya jawa masih tetap dan sesuai dengan yang ada walaupun ada beberapa yang telah mengalami perubahan. Nah, sekarang kita bandingkan dengan komposisi berubahnya budaya tradisional terhadap budaya modern, saya tidak memvonis bahwa budaya modern itu jelek, seolah-olah budaya modern telah menggeser budaya tradisional. Kalo menurut saya budaya modern dan budaya tradisional memang harus berjalan dengan seimbang dan searah agar sisi baik antara budaya tradisional dengan budaya modern bisa menjadi sesuatu yang baru dan menjadi suatu budaya yang lebih baik. Karena masing-masing budaya tersebut pasti memiliki sisi positif dan sisi negatif,, nah kira-kira gimana si biar kita tidak terjerumus dari salah satu sisi tersebut yaitu sisi negatif, terutama untuk remaja yang masih memiliki mental dan perasaan yang masih labil.
Kita ambil salah satu tempat dimana merupakan tempat paling pertama dimana semua orang belajar yaitu lingkungan keluarga tapi tidak menutup kemungkinan lingkungan masyarakat, bangsa dan Negara.
Memberikan pendidikan adalah tergantung dengan cara penyampaiannya, jadi sebelum kita menyampaikan apa yang kita harapkan ke orang lain kita harus bisa menjadi contoh dan menguasai apa yang akan kita sampaikan ke orang lain tersebut, tantangan sisi negatif dari budaya modern ibarat kita memasuki hutan belantara lalu kita kepergok dengan babi hutan, ular, macan, singa dan binatang buas lainnya, lalu kira-kira yang kaget terlebih dahulu siapa?orang tersebut atau binatangnya? Kalo semisal orang tersebut yang kaget dan lari, maka orang tersebut gagal mempertahankan keyakinan dan pengetahuan yang dia miliki, lain halnya jika binatang tersebut yang kaget, karena orang tersebut sudah memiliki pengetahuan dan keyakinan tersendiri dengan persiapan yang telah dilakukan, maka pergilah binatang buas tersebut karena takut dengan apa yang akan kita lakukan pada mereka.
Nah…hal ini hampir sama dengan menghadapi sisi negatif dari budaya modern ini, jika kita sudah kalah dari awal tanpa pengetahuan yang dimiliki maka ikutlah dia dengan sisi negatif tersebut……………
Teman-teman hidup memang pilihan tapi usahakan pilihlah pilihan yang terbaik untuk diri kalian masing-masing…Ok..

0 komentar:

 
Copyright 2009 OeM_Created Oemaem Production 2010